Senin, 26 Juni 2023

DEVELOPER GAME

DEVELOPER GAME ==> Adalah Profesi Game Developer memiliki pekerjaan spesifik sebagai pembuat video game. Mereka menciptakan  software untuk berbagai macam permainan, yang dapat diakses melalui Play Station, Nintendo, ataupun aplikasi berbasis Android dan iOS. Seorang pencipta game pastinya harus mempelajari konsep-konsep penting dari pembuatan sebuah aplikasi permainan, serta merancang program coding dan programming . Area pekerjaan seorang developer game mencakup pembuatan audio yang tepat, desain grafis dari game tersebut, produksi aplikasi, serta seni visualnya.

Developer  dalam industri  game memiliki konsep yang sama dengan Developer  di bidang industri teknologi manapun. Dalam keseharian, seorang Developer harus berhadapan dengan rentetan kode bahasa pemrograman. Biasanya, alur kerja seorang Developer  baru berjalan setelah konsep dan skenario sudah didapat oleh desainer game , visual sudah dibuat oleh tim desainer grafis, dan materi audio juga sudah menyelesaikan tahap pembutannya. Baru setelahnya game developer mulai bekerja menggabungkan semuanya. Umumnya tim  programmer game  terdiri dari banyak orang dengan pembagian kerja yang luas; meliputi perancangan  kecerdasan buatan  (AI), program gameplay , hingga  game engine .


PERAN DAN TANGGUNG JAWAB GAME DEVELOPER

  • Bertugas mengimplementasi semua logika game dan fitur‐fitur spesifik dalam game .
  • Mengarahkan bentuk game menjadi seperti apa yang diinginkan, sesuai dengan hasil yang sudah disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan game tersebut.
  • Bertanggung jawab untuk artificial intelligence (AI), gameplay programmer , lancarnya grafis, dan menangani mesin yang digunakan untuk membangun game tersebut.
  • Bertanggung jawab atas setiap aspek grafis dalam game, mulai dari menampilkan objek ke layar, hingga efek‐efek seperti mekar atau partikel .
  • Bertanggung jawab membuat efek-efek yang merupakan simulasi dari fenomena kacamata di alam. Contohnya adalah gravitasi, tumbukan, dan lain-lain.
  • Bertanggung jawab membuat kecerdasan buatan dalam game, mencakup AI lawan seperti monster atau AI NPC.
  • Menyisipkan suatu efek suara yang nantinya akan membangun suasana dari game tersebut.
  • Bertanggung jawab mengintegrasikan berbagai audio ke dalam game, seperti sound effect, voice over , hingga BGM.
  • Update project management tools yang berperan sebagai alat komunikasi antar developer, designer, dan artist. Dengan adanya alat manajemen proyek , kita dapat melihat kemajuan anggota lainnya dan melihat apakah proyek berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
  • Bertugas membuat game tools seperti world editor atau level editor.

 

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Prospek Kerja Anak IT Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger